Esporte Clube Bahia

Main di Liga Bola Apa Esporte Clube Bahia?

Esporte Clube Bahia, atau hanya biasa dikenal sebagai nama Bahia saja, adalah sebuah klub sepakbola profesional dari Brasil, yang bermukim di Salvador, negara bagian Bahia. Mereka ‘merumput’ di Campeonato Baiano, liga negara bagian Bahia, dan Campeonato Brasileiro Série A. Bahia sudah menjuarai gelar Brasileirão sebanyak dua kali: musim 1959, menyingkirkan Santos di final yang ketika itu masih diperkuat Pelé dan musim 1988 Bahia menyisihkan Internacional. EC Bahia sekedar tampil di Copa Libertadores hingga tiga kali, pencapaian terbaik mereka ialah mencapai perempat final tahun 1989.

Esporte Clube Bahia
Esporte Clube Bahia

Esporte Clube Bahia dibangun pada tahun 1931 (lebih detail tentang sejarahnya bisa anda dapatkan dari situs bola ini) saat pemain dari 2 klub mempunyai keputusan tuk menggabungkan antara Athletic Association of Bahia dengan Bahiano Tennis Club, sudah memutuskan tuk menghentikan divisi sepakbola mereka. Cuma beberapa tahun berselang, Bahia sebagai tim paling populer di Brasil bagian timur laut. Para pemain itu pergi ke rumah Princesa Isabel Avenue, Yang mana dibahas hal-hal semacam: finansial, struktur dan situs tempat pelatihan. Pada tahun awal klub, Bahia memenangi Turnamen Rumah dan Kompetisi Negara Bahia. Presiden perdana ialah Bahia Waldemar Costa, sang dokter. Crest Bahia didasari pada Corinthians. bendera negara bagian Bahia, yang diciptakan Raimundo Magalhaes, sudah digunakan di lokasi bendera negara São Paulo. Tim itu didirikan dengan motto hebat “Born to Win”. Bahia memenangi 43 kejuaraan Negara, 17 tamplian melebihi Victoria (klub rival mereka), dan adalah klub pertama yang berpartisipasi dalam Liberator Piala Amerika masa 1960.

Tahun ’80-an merupakan yang terbaik didalam sejarah Bahia. Bahia menjuarai gelar nasional kedua mereka di tahun 1988, menutup 5 gelar tahun 1986, dan 4 gelar tahun 1990. Pada tahun 1989, Bahia menjuarai Kejuaraan Brasil kedua menghadapi Internacional dari Porto Alegre. Bahia menjuarai putaran pertama di Salvador 2-1. Putaran kedua berakhir dalam hasil kacamata di Porto Alegre, Stadion Beira Rio. Pasca hasil ini, Bahia memenangi POLL, titel nasional kedua mereka. Kejuaraan memberikan hak tuk bermain di Copa Libertadores tuk ketiga kalinya kepada Bahia. Ini merupakan kejutan nyata tuk teken ke arah selatan karena Salvador ada di timur laut, wilayah termiskin di negara Brazil, dan keberhasilan atas Internacional, tim Brazil selatan, daerah yang mempunyai Indeks tertinggi Pembangunan Manusia dari semua negara.

Bahia melulu main di Fonte Nova stadion, dari pelantikan stadion ini tahun 1951 hingga November 2007. Pada pertandingan menghadapi Vila Nova (sepanjang kampanye promosi klub Bahia), bagian stadion runtuh lalu 7 orang meninggal. Melebihi 30 orang terluka. Setelah skandal itu, pemerintah negara bagian menyebutkan bahwa stadion bakal dibongkar. Suatu stadion baru didirikan di situs tuk Piala Dunia FIFA 2014 yang kebetulan Brazil adalah sebagai tuan rumah.

Pemain Legend Bahia

  • Carlos Eduardo Casagrande dikenal Black Casagrande atau hanya Black (7 Mei 1975) merupakan mantan pemain sepakbola Brasil yang turun sebagai gelandang bertahan, sekarang menjadi Asisten pelatih EC Bahia. Tahun 2000 dan 2007 sempat memperkuat EC Bahia.
  • Avine SMP Cardoso atau para fans memanggilnya Avine (21 Februari, 1988) ialah pemain Brazil yang main sebagai bek kiri dan tengah. Kini bermain di klub Juazeirense Juazeiro, Bahia. Avine dirilis ke klub profesional Bahia tahun 2006 Baiano Championship, dimana ia makin menonjol, sangat sukses dalam waktu singkat dan menampilkan hingga 200 lebih pertandingan bersama EC Bahia.

Prestasi Bahia

  • Série A Winners: 1959, 1988
  • Série C Runner-up: 2007
  • Copa Nordeste Winners: 2001, 2002
  • Copa International Renner Winners: 1997
  • Taça Maria Quitéria Winners: 1998

Sumber berita: Dari blog ini

One thought on “Main di Liga Bola Apa Esporte Clube Bahia?

Leave a Reply

Your email address will not be published.